Kamis, 22 Desember 2011

Ayo Belajar Sedikit Mengenai Customer Value! Tips Sukses!


definisi customer value (nilai konsumen)
jadi pada dasarnya, customer value atau nilai konsumen adalah perbedaan dari Realization dan Sacrifice. 

Realization - Sacrifice


Realization apa yang konsumen dapatkan dari produk tersebut. seperti fitur yang terdapat di produk tersebut, manfaat, dan juga servis yang didapatkan 

sedangkan

Sacrificeapa yang konsumen korbankan untuk mendapatkan produk tersebut/ apa yang konsumen bayarkan. termasuk didalamnya tenaga dan waktu yang dikorbankan untuk mendapatkan produk tersebut 

Jadi yang harus kita lakukan untuk menaikkan daya tarik produk yang berujung kepada penaikan sales adaah

memaksimumkan customer value = memaksimumkan selisih antara Realization dan Sacrifice

                      bagaimana cara memaksimumkan customer value?? 



untuk memaksimumkan customer value, sebenarnya banyak teori yang dapat dilakukan, tapi pada dasarnya, yang harus diketahui awalnya adalah : agan harus benar2 tahu betul jawaban dari 3 pertanyaan ini


1 . kebutuhan APA yang ingin anda temui?
2 . Untuk SIAPA produk anda? (target konsumen)
3 . BAGAIMANA cara terbaik untuk mendekati target konsumen? 
[nomor 1, 2, dan 3 berkaitan dengan MARKETING MIX anda]
4 . BAGAIMANA cara terbaik untuk menjalin hubungan dengan target?



jika pada dasarnya anda tahu betul mengenai jawaban dari 4 pertanyaan tersebut mengenai produk anda, jalan menuju kesuksesan sudah dapat dijalani.



marketing mix = 4P = Product, Price, Place, Promotion 

etelah itu, anda dapat mengetahui/memprediksi strategi yang ampuh untuk menaikkan image produk anda dimata para konsumen contohnya dengan cara menaikkan mutu, manfaat, fitur tanpa keluar dari marketing mix yang dari awal sudah direncanakan, jadi tetep strategi anda tergantung dengan sifat/kebiasaan target konsumen anda 


saya ambil contoh dari sebuah restoran bernama Holy**w Steak

mereka tahu benar mengenai 
  • kebutuhan apa yang ingin mereka temui? kebutuhan akan pilihan makanan 
  • untuk siapa? orang - orang berumur remaja hingga dewasa muda
  • bagaimana cara terbaik untuk mendekati? melalui social network, mereka memakai twitter
  • cara terbaik untuk menjalin hubungan? memberikan kuis - kuis dan fakta2 menarik di twitter mereka

marketing mix :
  • Product : makanan dan minuman terutama steak sapi
  • Price : dikarenakan target mereka remaja - dewasa, harganya hanya berkisar Rp.30000 - Rp.150000
  • Place : di kawasan tempat para remaja bergaul  daerah radio dalam
  • Promotion : lewat twitter, tempat dimana remaja sangat update mengenai info2 yang ada


ini bukan untuk promosi sih  saya bukan orang dari holy**w steak, tapi saya cukup kagum dari cara mereka memasarkan produk mereka   

btw untuk promosi/iklan, saya amat sarankan melalui social network seperti twitter/facebook! pasti manjur!  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar